Breaking News

Pengertian Sarana dan Prasarana Sekolah dalam arti luas


Sebelum kita bahas mengenai pengertian sarana dan prasarana sekolah, tentunya kita harus tahu satu persatu dulu. Apa itu sarana? dan apa itu prasarana? Pastinya tak sedikit dari kalian semua berfikir mengenai hal itu, apakah kedua kata tersebut memiliki makna yang berbeda atau adanya suatu hubungan yang saling berkaitan ataupun bahkan sebaliknya ?!

Lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu mengenai pertanyaan yang selama ini ada dipikiran kalian tentang kedua kata itu, semoga saja disini kalian bisa menemukan jawaban yang jelas dan tepat serta yang terpenting bisa menjadi suatu tambahan wawasan dalam kehidupan kalian.

Pengertian Sarana
Sarana secara singkatnya bisa di artikan sebagai alat atau bahan yang langsung dalam pencapaian terselenggaranya suatu tujuan. Sarana bisa disebut juga sebagai alat atau bahan pokok (yang utama). Namun secara arti luas pengertian sarana yaitu suatu peralatan atau fasilitas yang disediakan sebagai bahan pokok/utama guna membantu tercapainya suatu tujuan dari suatu perencanaan. Misalnya dicontohkan dalam bidang transportasi yaitu mobil, motor, bus dan lain-lain .

Pengertian Prasarana
Secara garis besar prasarana merupakan alat yang tidak langsung dalam proses pencapaian terselenggaranya suatu tujuan (sebagai alat penunjang). Namun secara arti luas pengertian prasarana yaitu suatu fasilitas yang disediakan sebagai penunjang demi tercapainya suatu tujuan dari suatu perencanaan. Misalnya dicontohkan dalam bidang transportasi yaitu jalan, halte, jembatan, rambu-rambu lalu lintas dan lain-lain.

Nah, setelah satu persatu dibahas mengenai arti dari sarana dan prasarana di atas tentunya kalian sudah bisa memahami dan membedakan mana yang merupakan contoh dari sarana dan mana yang merupakan contoh dari prasarana. Selanjutnya kita akan membahas mengenai apa yang menjadi pokok dari pembahasan pada artikel saat ini.

Pengertian Sarana dan Prasarana Sekolah
Setidaknya kalian juga pasti sudah bisa menjelaskan tentang pengertian sarana dan prasarana sekolah, jika dasar pengertian sarana dan pengertian prasarana di atas yang telah dijelaskan dalam artikel ini satu persatu sudah kalian pahami dengan baik. Namun untuk yang lebih jelasnya sarana dan prasarana sekolah dapat diartikan yaitu segala sesuatu yang dirancang berupa alat dan perlengkapan yang menjadi fasilitas sebagai penunjang keberhasilan dalam proses pendidikan di sekolah.

Sarana dan prasarana sekolah memiliki peran yang sangat penting dan pengaruh yang sangat besar terhadap terselenggaranya suatu pendidikan. Jika suatu lembaga kurang memperhatikan terhadap pengembangan sarana dan prasarana sekolah maka sekolah itu sendiri tidak akan memiliki kualitas dan mutu yang baik, bahkan tingkat keberhasilan dalam proses pendidikan pun otomatis menurun.

Demikian artikel ini dibuat, semoga bermanfaat.
Sukses kawan , , , 


No comments