Breaking News

Struktur organisasi sekolah beserta penjelasannya


Suatu organisasi pasti tidak terlepas dari yang namanya struktur organisasi, baik itu pada organisasi pemerintahan, kemasyarakatan dan sekolah. Struktur organisasi memiliki peran penting dalam sebuah organisasi, dimana dalam struktur tersebut dapat terlihat dan menjelaskan setiap tugas, peran dan fungsi dari setiap komponen penyelenggara organisasi tersebut.

Struktur organisasi sekolah merupakan suatu bentuk yang berupa urutan atau daftar yang berfungsi sebagai suatu upaya dalam menjelaskan tugas dan fungsi dari setiap komponen penyelenggara pendidikan yang bersangkutan dengan sekolah tersebut. Selain sebagai penjelasan mengenai tugas dan fungsi dari setiap komponen yang bersangkutan, pada struktur tersebut kita dapat melihat mengenai kepeminpinan seseorang siapa yang menjadi peminpin dan siapa saja yang dipimpin.

Berikut merupakan daftar atau urutan dari struktur organisasi sekolah, diantaranya :

1. Kepala Sekolah
Secara singkatnya kepala sekolah dapat diartikan sebagai seorang pemimpin dalam suatu sekolah. Namun secara garis besar kepala sekolah merupakan seorang tenaga pendidik/guru yang diberi tugas tambahan untuk memimpin suatu sekolah dalam menyelenggarakan proses belajar mengajar yang sekaligus memiliki tanggung jawab terhadap pengelolaan dan administrasi sekolah.

2. Wakil Kepala Sekolah
Wakil kepala sekolah merupakan seorang tenaga pendidik/guru yang yang diberi tugas tambahan untuk membantu kepala sekolah dalam menyelenggarakan proses pendidikan di sekolah. Dalam membantu kepala sekolah, wakil kepala sekolah memiliki tugas yang mencakup beberapa bidang yaitu sebagai berikut :
  • Wakasek Bidang Kurikulum
  • Wakasek Urusan Kesiswaan
  • Wakasek Bidang Humas
  • Wakasek Urusan Sarana dan prasarana
3. Guru Mapel
Merupakan seorang tenaga pendidik atau pengajar yang memiliki peran dan tanggung jawab dalam proses pembelajaran pada satu atau dua bidang pelajaran.

4. Guru Kelas
Pada dasarnya guru kelas memiliki perbedaan dengan guru mapel. Dilihat dari jam dan mata pelajaran yang diampu guru kelas lebih banyak atau hampir semua pelajaran di ajarkan dalam satu kelas atau satu rombongan belajar pada satuan pendiddikan. Namun dilihat dari fungsinya baik guru mapel maupun guru kelas keduanya sama-sama memiliki peran dan tanggung jawab dalam proses belajar mengajar di dalam kelas.

5. Guru BK (Bimbingan Konseling)
Secara garis besar guru BK merupakan seorang tenaga pendidik/guru yang memiliki tugas dan tanggung jawab memberikan bimbingan dan konseling terhadap sejumlah peserta didik di sekolah.

6. Tata Usaha
Merupakan seorang petugas sekolah yang berperan sebagai pengelola dan pelaksana dalam tekhnis penyelenggaraan sistem administrasi dan informasi di sekolah.

Berikut daftar struktur organisasi diatas yang biasanya ada pada setiap sekolah beserta penjelasannya. Semoga dapat dimengerti dan semoga bermanfaat. 

No comments