Breaking News

PENGERTIAN GURU SECARA UMUM


Dalam kehidupan sehari-hari kalian pasti sudah mengenal bagaimanakah seorang guru itu? Ya, mereka adalah seorang yang berpendidikan tinggi berwibawa bahkan bisa kita sebut sebagai seorang yang pantas kita contoh. Orang yang selalu sabar dalam menghadapi murid-muridnya yang nakal, senantiasa selalu berbagi ilmu tanpa lelah bahkan rasa kasih sayang dan kepeduliannya terhadap kita layaknya seperti orang tua sendiri.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang pengertian guru secara umum. Untuk mempersingkat waktu langsung saja siak pembahasannya di bawah ini.

PENGERTIAN GURU SECARA UMUM

Guru secara garis besar dapat diartikan sebagai seorang pemberi ilmu. Namun secara umum atau dalam arti luas guru juga dapat diartikan sebagai seorang tenaga pendidik dan pengajar yang memiliki setatus kependidikannya (minimal sarjana) dan memiliki tujuan yang mulianya yaitu untuk mencerdaskan anak bangsa.

Pada umumnya guru memiliki tugas utama yang sangat berat yaitu mendidik, mengajar, membimbing, melatih, menilai bahkan sampai ketingkat pengevaluasian terhadap para peserta didiknya. Namun berkat keteguhan hati dan keikhlasannya setidaknya mereka mampu melakukan dan mengemban amanat dalam melakukakan tugas utamanya itu dengan penuh kesabaran. Itulah hebatnya seorang guru yang patut kita contoh dan kita hargai akan perjuangannya yang membuat kita menjadi seperti ini.

"PAHLAWAN TANPA TANDA JASA" ungkapan yang tepat untuk para guru, memang jelas merekalah yang patut mendapat julukan tersebut. Karenanya kita bisa mengetahui apa yang sebelumnya kita tidak diketahui, karenanya pula kita bisa yang sebelumnya kita tidak bisa. Maka dari itu hargailah perjuangan keras mereka dan buatlah mereka bangga dengan kesuksesan yang kita raih dari hasil didikan mereka yang begitu sempurna.

Pada umumnya guru dalam pendidikan ada dua jenis yaitu, antara lain
- Guru Tetap
Merupakan seorang tenaga pendidik yang memiliki tugas dan tujuan dalam mencerdaskan anak bangsa baik itu pada sekolah Swasta ataupun Negeri. Guru tetap dalam sekolah swasta dingkat dan di beri wewenang oleh sebuah yayasan yang telah memiliki status akreditasi dari pemerintah. Setidaknya dalam sekolah Swasta ataupun Negeri seorang guru tetap memiliki status kepegawaian minimalnya sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), dan bahkan ada pula yang sudah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).
- Guru Honorer
Merupakan seorang guru perbantuan atau disebut sebagai sukwan (sukarelawan), meskipun begitu tak ada bedanya dengan guru tetap yang sama sebagai seorang pendidik yang bertujuan untuk mencerdaskan anak bangsa. Namun bedanya hanya status dan gajinya saja. oooppss

Pada umumnya seringkali kerap saya dengar banyak keluhan dari rekan-rekan yang menjadi seorang honorer mengenai soal gaji dan pertimbangan lainnya. Tak ada maksud lain dalam cerita singkat ini, hanya sekedar memberikan informasi dari keluhan-keluhan para honorer. Lanjut cerita, para honorer yang mengeluh soal pemberian upah kerja yang sangat minim berharap untuk mendapatkan upah yang layak, karena mereka merasa bahwa dalam bekerja tak ada bedanya dengan guru yang lainnya. Saking minimnya, "jangankan untuk membeli hal yang diinginkan lainnya untuk keperluan dapur pun tak cukup" ujar mereka. Namun mereka tetap sadar bahwa yang mereka lakukan pun pasti akan ada hikmahnya, tapi tak sampai di situ pula mereka tetap berharap semoga pemerintah bisa melihat dan merasakan keluhan mereka hingga dapat merencanakan sebuah program dalam membangun kesejahteraan khusunya para guru honorer. Aminnn semoga saja ya, ,kami doakan semoga pemerintah tak memandang sebelah mata. Sabar dan tetap tawakal karena kami yakin pemerintah kita takan diam saja pasti mereka telah merencanakan suatu program yang akan memabangun kesejahteraan buat kita semua. Amiiiinnn   

Nah sekian saja pembahasan kali ini mengenai pengertian guru secara umum, semoga bermanfaat.
Ingat "Guruku Pahlawanku" tetap hargai dan hormati mereka yang telah menjadikan kita seperti ini, serta jangan pernah sepelekan perjuangan mereka yang begitu besar.

Sampai jumpa di lain hari.
Selamat beraktivitas kembali.

No comments