Breaking News

TUGAS DAN PERAN SEORANG TENAGA PENDIDIK (GURU)


Dalam kehidupan sehari-hari kalian pasti sudah mengenal bagaimanakah seorang guru itu? Ya, mereka adalah seorang yang berpendidikan tinggi berwibawa bahkan bisa kita sebut sebagai seorang yang pantas kita contoh.

Pada umumnya guru memiliki tugas utama yang sangat berat yaitu mendidik, mengajar, membimbing, melatih, menilai bahkan sampai ketingkat pengevaluasian terhadap para peserta didiknya. Namun berkat keteguhan hati dan keikhlasannya setidaknya mereka mampu melakukan dan mengemban amanat dalam melakukakan tugas utamanya itu dengan penuh kesabaran. Itulah hebatnya seorang guru yang patut kita contoh dan kita hargai akan perjuangannya yang membuat kita menjadi seperti ini.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tugas dan peran seorang guru. Untuk mempersingkat waktu langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.

TUGAS DAN PERAN GURU DALAM MENJALANKAN KEPROFESIANNYA

Guru merupakan seorang pengajar sekaligus sebagai tenaga pendidik yang memiliki tujuan mulianya yaitu untuk mencerdaskan anak bangsa. Dalam menjalankan keprofesiannya guru memiliki banyak tanggung jawab berupa tugas baik itu dalam bidang pendidikan maupun administrasi. Seperti yang telah tertulis pada UU No. 20 tahun 2003 dan  UU No. 14 tahun 2005 yakni bahwa seorang guru memiliki tugas dan fungsi yang berperan sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pengarah, pelatih, penilai dan pengevaluasi terhadap peserta didik. Berikut dibawah ini kami jelaskan poin-poin tersebut satu persatu :

- PENDIDIK
Dalam menjalankan tugasnya yang berperan sebagai seorang pendidik, seorang guru harus mampu memberikan contoh yang patut ditiru oleh para peserta didiknya. Terutama dalam norma-norma kehidupan sehari-hari seperti halnya norma agama, cara sopan santun dan sikap kesosialan. Selain itu juga seorang guru harus lebih bertanggung jawab terhadap apa saja yang dilakukannya dalam proses kegiatan belajar mengajarnya baik didalam kelas maupun di luar kelas.

- PENGAJAR
Dalam hal ini seorang guru bertugas untuk menjadikan para peserta didiknya mengerti tentang apa yang telah diajarkan melalui proses pembelajaran. Setidaknya para peserta didik mampu mengembangkan potensi dalam dirinya dari apa yang belum mereka ketahui hingga dapat di mengerti baik itu dalam ilmu terapan ataupun praktek. Adapun hal-hal yang harus di miliki seorang guru dalam keprofesiannya yaitu mengenai keistimewaan dari kepribadiannya yang bisa membuat cara tertentu dalam mengajar para peserta didiknya sehingga dapat mengembangkan potensinya sesuai perkembangan zaman.

- PEMBIMBING
Dalam membimbing para peserta didik, seorang guru harus memiliki karakter atau cara tersendiri untuk bisa membimbing mereka ke arah yang lebih baik dan positif. Seorang guru senantiasa membimbing para peserta didiknya dalam proses pembelajaran baik itu di bidang ilmu terapan atupun praktik.

- PENGARAH
Seorang guru berperan sebagai pengarah terhadap para peserta didik untuk mengembangkan potensi dan karakteristik yang mencakup pada lajur kehidupan. Arahan mengacu terhadap suatu hal yang bersifat positif, intinya lebih mengarah pada tujuan agar para peserta didik tumbuh dengan mencapai apa yang mereka inginkan dan cita-citakan namun bukan secara paksaan.

- PELATIH
Lebih kepada hal yang bersifat fisik dan mental, terutama di bidang atlet. Seorang guru berupaya membantu para peserta didiknya dalam mempersiapkan diri dengan keterampilan dan bakatnya untuk mencapai suatu tujuan.

- PENILAI
Dalam menjalankan tugasnya sebagai penilai, seorang guru berupaya menganalisis dan mengukur sejauh mana para peserta didik mencapai kompetensi dasar yang dimilikinya setelah memalui proses pembelajaran yang telah di sampaikan oleh tenaga pendidik tersebut.

-PENGEVALUASI
Untuk mengukur sejauh mana pencapaian terhadap program yang telah dirancang oleh para tenaga pendidik, seorang guru dianjurkan untuk melakukan pengevaluasian terhadap sistem pembelajaran yang telah di sampaikan kepada para peserta didik. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menentukan tingkat kemajuan atau hasil belajar dan mengetahui mengenai kadar pemahaman para peserta didik dalam materi pembelajaran.


Mungkin kiranya itu saja yang kami bahas pada kesempatan ini, semoga bermanfaat dan dapat di jadikan suatu informasi yang menarik bagi kalian semua. Sekian dan terima kasih.

Sampai jumpa.
Selamat beraktifitas kembali.

sumber : ilmupendidikan

No comments